4 November 2012

Dewa-dewi Yunani

1. Dewa Ares (Dewa Perang)


     Ares adalah dewa yang haus darah dan merupakan perwujutan dari pembunuhan. Dalam mitologi Romawi ia dikenal dengan nama dewa mars. Nama bulan Maret merupakan persembahan baginya. Ares memiliki tambak berujung perunggu dan seperangkat baju perang yang sangat bercahaya, selain itu ares juga memiliki kereta perang yang ditarik oleh 4 ekor kuda emas yang abadi dan mampu menyemburkan api.

2. Dewi Artemis (Dewi Perburuan)


  Artemis adalah dewi perburuan, alam liar, hewan liar, dan perawan. Dia adalah pembawa dan penghalau penyakit pada pada perempuan serta merupakan dewi yang menilong dalam proses kelahiran. Ia selalu membawa busur emas dan anak panahnya yang dibuat oleh kiklops, selain untuk berburu, Artemis menggunakan panahnya untuk membawa penyakit dan kematian tiba-tiba. Rusa dan pohon Siprus dikeramatkan baginya.

3. Dewa Hermes (Dewa Perniagaan)


      Hermes adalah dewa pembawa pesan. Sebagai dewa pembawa pesan, Hermes bertugas mengantarkan pesan dari dewa di olimpus kepada manusia. Hermes adalah salah satu dewa yang bisa dengan bebas keluar masuk dunia bawah tanpa halangan. Sebagai pembawa keberuntungan dan kemakmuran, Hermes lebih sering muncul dalam mitos dibandingkan dewa-dewa lain sehingga membuatnya paling disukai selain dewa lain di Gunung Olympia.

4. Dewa Poseidon (Dewa Laut)


      Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa laut, sungai, dan danau. Poseidon memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Poseidon memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos (makhluk setengah kuda setengah ikan). Poseidon merupakan pelindung bagi banyak kota Yunani. Selama perang, Poseidon memihak Yunani, kaum pelaut, tetapi disaat berlayar pulang, karena sombong atas kemenangan mereka Poseidon menurunkan badai dan memporak-porandakan armada mereka. Dalam metologi Romawi Poseidon dikenal sebagai Neptunus.

5. Dewa Apollo (Dewa Kesenian dan Matahari)

      Dalam metologi Yunani dan Romawi Apollo adalah dewa cahaya, musik, pemanah, pengobatan, matahari, dan penyair. Apollo digambarkan sebagai pemuda yang tampan tanpa jenggot, kadang-kadang sambil memegang kithara/pemanah atau sedang bersandar dipohon. Apollo disembah oleh orang Yunani kuno maupun oleh orang Romawi kuno. Simbol Apollo yang terkenal adalah busur dan anak panah. Apollo merupakan saudara kembar dari Dewi Artemis.

6. Dewi Pallas Athena (Dewi Keselamatan)


     Athena merupakan dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang. Menurut legenda, ia muncul dalam keadaan dewasa lengkap dengan baju baja sebagai anak Zeus. Athena merupakan putri kesayangan Zeus. Athena diasosiasikan dengan kota Athena karena disana adalah tempat ia melindungi persaudaraan perempuan.
     

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. loh, aku kira penguasa laut ki neptunus Tih. hehe

    ReplyDelete
  3. lah.., emang penguasa laut neptunus ka, wah mesti ika ora moco tekan akhir ki :D

    ReplyDelete

Thanks for your comment :)